Arus Mudik Capai Puncaknya Hari Ini

Nasional
Pantura (SAPULIDINews) – Hari ini (Sabtu,27/8), arus mudik Lebaran mencapai puncak. Kemacetan panjang mulai terjadi di berbagai jalur mudik.

Dari pantauan di lapangan pagi tadi hingga pukul 11 Wib, kemacetan di jalur Pantai Utara (Pantura), khusus di daerah pertigaan tol Penjagan sudah menjalar sampai Brebes- Tegal, kemacetan didaerah ini diprediksi semakin sore akan semakin panjang.

Salah seorang pemudik yang sempat dimintai komentarnya terkait kemacetan tersebut mengatakan,  kemacetan diakibatkan pengaturan lalulintas yang kurang baik,”jalur bottleneck dipertigaan tol Pejagan yang kurang baik, dan sedikit sekali petugas kepolisian yang mengatur lalulintas. Saya sudah empat jam terjebak kemacetan di daerah ini saja.”kata Saimin (45) yang mengaku tinggal di Jakarta ini.

Sementara, di jalur mudik di selatan Jabar, tepatnya di Limbangan, Garut, sejak kemarin mengalami kemacetan panjang. Ribuan kendaraan pemudik sempat terjebak kemacetan sehingga aparat kepolisian memberlakukan pengaturan sistem arus satu jalur kendaraan menuju Tasikmalaya.

Sebelum diberlakukan jalur satu arah ke timur, antrean kendaraan memanjang sekitar lima kilometer dari Limbangan hingga daerah Ciaro atau perbatasan Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Ketersendatan arus lalu lintas mudik Lebaran 2011 di jalur selatan itu akibat aktivitas pasar di kawasan Limbangan, di samping penyempitan jalan dan banyak kendaraan yang menyeberang di daerah Limbangan.

Sistem tutup buka di kawasan Limbangan itu akan diberlakukan kembali apabila ekor kemacetan lalu lintas kembali memanjang hingga ke kawasan Nagreg. Puncak arus mudik Lebaran 2011 di jalur selatan Jabar melalui Nagreg ini diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran atau Sabtu (27/8) ini.

Terpisah, Pengamat Transportasi DR.Bambang Istianto menyayangkan pola pengaturan lalulintas mudik dari tahun ke tahun.”Sangat disayangkan, Pemerintah tidak menerapkan pola teknis operasional manajemen lalulintas yang efektif dan cerdas, sehingga tiap kali musim mudik menjelang lebaran ini acap kali terulang.”ujarnya yang juga ikut terjebak macet saat mudik dengan keluarga menuju Semarang.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *